7. Persentase Perkawinan Anak
a. tersedia peraturan/kebijakan daerah terkait dengan pencegahan perkawinan anak
b. tersedia anggaran untuk pelaksanaan kebijakan/ program/ kegiatan terkait dengan pencegahan
perkawinan anak
c. upaya yang dilakukan dalam pencegahan perkawinan anak
d. SDM penyelenggara pencegahan perkawinan anak dilatih KHA
e. ada keikutsertaan Forum Anak/kelompok anak dalam pencegahan perkawinan anak
f. ada kemitraan antar Perangkat Daerah dalam pencegahan perkawinan anak
g. ada kemitraan dengan lembaga masyarakat dalam pencegahan perkawinan anak
h. ada kemitraan dengan dunia usaha dalam pencegahan perkawinan anak
i. ada kemitraan dengan media massa dalam pencegahan perkawinan anak
j. ada program inovasi dalam pencegahan perkawinan anak
8. Tersedia Lembaga Konsultasi Penyedia Layanan Pengasuhan Anak bagi Orang Tua/Keluarga
a. ada lembaga konsultasi, seperti: LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya
b. tersedia peraturan/kebijakan daerah tentang LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya
c. tersedia anggaran untuk pelaksanaan kebijakan/ program/kegiatan terkait dengan LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga(PUSPAGA)/sejenisnya
d. LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya dimanfaatkan oleh orang tua dan/atau keluarga
e. SDM LK3,LPKS, TAS, Day care, Pesantren, home schooling, boarding school, TESA, Pusat Pembelajaran Keluarga Berbasis Masyarakat telah dilatih KHA
f. ada keikutsertaan Forum Anak/kelompok anak dalam program LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya
g. ada kemitraan antar Perangkat Daerah terkait dalam program LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya
h. ada kemitraan dengan lembaga masyarakat dalam program LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya
i. ada kemitraan dengan dunia usaha dalam program LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya
j. ada kemitraan dengan media massa dalam program LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya
k. terjadi sinergi antar program LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya dalam memberikan pelayanan
l. ada program inovasi untuk pengembangan LK3, LPKS, PPKS, BKB/BKR, Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA)/sejenisnya
9. Persentase lembaga pengasuhan alternatif terstandarisasi
a. tersedia peraturan/kebijakan daerah terkait dengan lembaga pengasuhan alternative (LPA)
b. tersedia anggaran untuk pelaksanaan kebijakan/ program/kegiatan terkait dengan LPA
c. tersedia lembaga pengasuhan alternatif yang telah sesuai standar (terstandarisasi)
d. tersedia LPA bagi anak penyandang disabilitas
e. ada anak penyandang disabilitas yang diadopsi
f. tersedia lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA)
g. ada lembaga yang melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap standar penyelenggaraan LPA
h. SDM pelayanan LPA dilatih KHA
i. ada keikutsertaan Forum Anak/kelompok anak dalam pelayanan LPA
j. ada kemitraan antar Perangkat Daerah dalam pelayanan LPA
k. ada kemitraan dengan lembaga masyarakat dalam pelayanan LPA
l. ada kemitraan dengan dunia usaha, dalam penyelenggaraan LPA
m. ada kemitraan dengan media massa, dalam penyelenggaraan LPA
n. ada program inovasi penyelenggaraan LPA
10. Tersedia infrastruktur (sarana dan prasana) di ruang publik yang ramah anak
a. Apakah ada Ruang Bermain Anak
b. kondisi fisik RBA yang ada dalam kondisi baik dan terawat
c. tersedia peraturan/kebijakan daerah terkait dengan Ruang Bermain Ramah Anak
d. tersedia anggaran untuk pelaksanaan kebijakan/ program/kegiatan terkait dengan RBRA
e. SDM pengelola RBRA dilatih KHA
f. berapa Ruang Bermain Anak yang berstatus RBRA (sesuai standar)
g. RBRA dimanfaatkan oleh semua anak, termasuk anak penyandang disabilitas
h. RBRA tidak berbayar (gratis)
i. ada keikutsertaan Forum Anak/kelompok anak dalam penyelenggaraan RBRA
j. ada kemitraan antar Perangkat Daerah dalam penyediaan RBRA
k. ada kemitraan dengan lembaga masyarakat dalam penyediaan RBRA
l. ada kemitraan dengan dunia usaha, dalam penyediaan RBRA
m. ada kemitraan dengan media massa, dalam penyediaan RBRA
n. ada program inovasi pengembangan RBRA
o. tersedia peraturan/kebijakan daerah terkait dengan Program Rute Aman Selamat ke dan dari Sekolah
p. tersedia anggaran untuk pelaksanaan kebijakan/program/kegiatan terkait dengan Program Rute Aman Selamat ke dan dari Sekolah
q.ada sekolah yang memiliki Program Rute Aman Selamat ke dan dari Sekolah
r. tersedia fasilitas pejalan kaki di sekitar sekolah dan sudah memperhatikan untuk anak penyandang disabilitas
s. tersedia fasilitas penyeberangan di sekitar sekolah dan sudah memperhatikan untuk anak penyandang disabilitas
t. SDM penyelenggara Program RASS dilatih KHA
u. ada keikutsertaan Forum Anak/kelompok anak dalam Program RASS
v. ada kemitraan antar Perangkat Daerah dalam Program RASS
w. ada kemitraan dengan lembaga masyarakat dalam Program RASS
x. ada kemitraan dengan dunia usaha dalam Program RASS
y. ada kemitraan dengan media massa dalam Program RASS
z. ada mekanisme pemantauan terhadap keberadaan program, prasarana, dan sarana perjalanan anak ke dan dari sekolah
za. angka kecelakaan lalu-lintas pada anak rendah
zb. ada program inovasi Infrastruktur Ramah Anak
Tidak ada komentar:
Posting Komentar